Program Sekolah Penggerak
Program Sekolah Penggerak mendorong satuan pendidikan melakukan transformasi diri untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan mengembangkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Upaya pengembangan hasil belajar peserta didik secara holistik di satuan pendidikan dapat diwujudkan apabila kepala sekolah dan guru memiliki kapasitas dan kompetensi yang menjadi kunci dalam melakukan restrukturisasi dan reformasi pendidikan.
Setelah mengikuti serangkaian proses seleksi dari lebih dari 20.000 sekolah di seluruh Indonesia dan Berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Fatih Bilingual School ditetapkan sebagai sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak untuk angkatan pertama.
Berbagai rangkaian bimbingan dan pelatihan telah diikuti oleh Kepala Sekolah dan bebepa guru terpilih yang dipandu langsung oleh PPPPTK IPA Kemdikbudristek selama 10 hari.
In House Training - Fatih Bilingual School
Pada Program Sekolah Penggerak, kapasitas dan kompetensi tersebut akan ditingkatkan melalui pelatihan dan pendampingan. Kepala Sekolah dan guru diberikan pelatihan pedagogi dan penilaian agar mampu menerapkan kurikulum dengan metode tersebut, dan selanjutnya akan didampingi oleh Pelatih Ahli untuk lebih memperkuat pemahaman dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan.
Melalui program ini, guru-guru yang telah mengikuti pelatihan kemarin akan bersama berdiskusi dan berbagi pengalaman kepada rekan guru lain di Fatih Bilingual School
Program In House Training ini diselenggarakan mulai dari tanggal 21 Juni hingga 1 Juli 2021 dengan Komite Pembelajaran yang telah dibentuk dan jadwal sebagai berikut:
ORIENTASI PELATIHAN
Mengetahui tujuan,konten, proses, dan evaluasi pelatihan serta mampu menyusun rencana belajarnya
ORIENTASI PELATIHAN
Mengetahui tujuan,konten, proses, dan evaluasi pelatihan serta mampu menyusun rencana belajarnya
PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAKAN
Merefleksikan nilai dan filosofi Ki Hajar Dewantara dengan perannya sebagai guru/pendidik PAUD/kepala sekolah/pengawas sekolah dan merumuskan strategi pembelajaran yang sesuai dengan nilai dan filosofi Ki Hajar Dewantara
KERANGKA KURIKULUM
Memahami dasar kurikulum sekolah penggerak serta peran dan fungsi pemangku kepentingan dari tingkat pusat sampai satuan pendidikan dalam menciptakan pembelajaran dan asesmen yang berpusat pada murid
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Menggunakan pembelajaran untuk mengidentifikasi rasional, tujuan, karakteristik dan elemen capaian pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu. Peserta mengaitkan peranan capaian pembelajaran sesuai dengan tingkat pencapaian siswa (kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar sesuai dengan fase perkembangan anak).
PERANGKAT AJAR
Memahami prinsip penyusunan ATP dan modul ajar dari capaian pembelajaran pada mata pelajaran yang diampunya, dan memilih ATP dan modul ajar serta sumber belajar yang sesuai untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada murid.
ASESMEN
Menggunakan pembelajaran untuk memahami fungsi dan prinsip asesmen dalam pembelajaran dan merancang asesmen pembelajaran yang tepat
KURIKULUM OPERASIONAL PENDIDIKAN
Mandiri menggunakan pembelajaran untuk mengetahui peranannya dalam penyusunan KOS sebagai ambaran konsep sekolah yang berpusat pada anak, berdasarkan aspirasi, dan situasi untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila
PENGENALAN LITERASI DIGITAL
Memahami peran teknologi dalam peningkatan kualitas pendidikan di satuan pendidikan
PELAKSANAAN IN HOUSE TRAINING
Memahami prinsip pembelajaran orang dewasa dan teknik-teknik fasilitasi untuk merancang sebuah pelatihan di satuan pendidikannya
VIRTUAL TOUR
Let us show you around!
See FBS just by tip of your finger.
Start campus Virtual Tour now!