SCIENCE FAIR, Ajang Realisasikan Semua Teori yang dipelajari

Pada hakikatnya suatu ilmu itu memang seharusnya diamalkan, Karena memang seyogyanya harus begitu, Karena hampir semua ilmu yang diajarkan dan dipelajari itu pada ahirnya untuk diamalkan atau direalisasikan, seperti halnya kata pepatah bijak mengatakan bahwa “Ilmu yang tidak diamalkan laksana pohon yang tidak berbuah” so bukan berarti kalau hanya menuntut ilmu tanpa diamalkan itu tidak baik, hanya saja akan lebih baik suatu ilmu itu jika diamalkan.

Namun tidak cukup diamalkan saja melainkan jika sudah diamalkan akan lebih baik lagi jika bisa dishare kepada orang lain, Karena dengan demikian disamping akan mempertajam keilmuan kita, juga dapat menambahnya, bahkan bisa menjadi amalan yang tidak akan putus walau kita sudah tiada, yakni sebagai Ilmu yang bermanfaat, seperti yang disabdakan oleh Rosulullah, bahwa ada 3 amalan yang pahalanya tidak akan putus walau seseorang itu telah tiada, dan salah satunya dari ketiga amalan tersebut yakni Ilmu yang bermanfaat.

Science Fair adalah salah satu ajang  tahunan yang selalu diadakan oleh Sekolah-sekolah yang ada dibawah Naungan Fatih Indonesia, dan tak terlepas juga sekolah Fatih Bilingual School. Dimana event tersebut baru-baru ini juga diadakan di sekolah Fatih pada 24 Februari 2018 yang lalu, agenda tersebut berbarengan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw sekaligus juga Penyerahan santunan paket tas sekolah untuk anak yatim yang ada dikota Banda Aceh. Laksanakan kata pepatah bijak, “Sekali dayung, dua , tiga pulau terlampaui”.

dalam ajang Science fair tersebut kontribusi para siswa baik dari tingkat SD, SMP, sampai SMA sangat berperan, Karena dapat dikatakan bahwa ajang tersebut adalah murni pertunjukan tentang ilmu, seni dan sains yang dilakukan oleh para siswa, yang berawal dari semua materi dan teori yang telah diajarkan dan mereka pelajari dikelas.

Adapun peserta yang terlibat dalam event Science Fair kali ini berjumlah lebih dari 30 stand yang tersedia, mulai dari stan tenatng Fisika, stand Musik, Seni, Biologi, Games yang berkaitan dengan hukum dan teori-teori, kimia, Fisika, biologi dll. Dan banyak lagi lainnya. Animo para pengunjungpun sangat antusias terhadap stand yang ada, bahkan banyak diantara mereka yang takjub dan terkesima dengan penjelasan, serta eksperimen yang dilakukan oleh para peserta Stand yang notabanenya masih berstatus sebagai pelajar. Terutama tentang mengenai hal-hal yang berkaitan tentang Eksperimen.

Adapun sisi lain yang unik dari Science Fair kali ini adalah dibukanya Stand dari kelas Biologi yang melaksanakan tes atau cek golongan darah pengunjung, dan semua petugas yang melakukannya bukan tenaga medis professional dikebanyakan event pada umumnya, melainkan para siswa, namun hasil serta mekanisme yang mereka lakukan tak kalah dengan tenaga professional. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang dan melakukan cek golongan darah di stand tersebut, meskipun ada diantara pengunjung yang datang hanya sebatas untuk uji kemampuan mereka, namun mereka berhasil dibuat takjub, Karena hasil yang keluar sesuai harapan mereka. (AHM@008)