Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini

Menjaga Keutuhan serta keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari setiap bahaya dan ancaman baik dari dalam maupun luar negeri adalah tanggung jawab setiap warga negara Indonesia. Oleh karena itu setiap warga harus ambil andil sesuai perannya masing-masing. Karena jika tidak demikian siapa lagi yang bisa kita harapkan untuk menjaga keutuhan bumi pertiwi ini kalau bukan kita.

Semangat, Pemahaman, serta jiwa nasionalisme perlu kita tanamkan sejak dini  pada generasi muda kita, karena kalau bukan sekarang, kapan lagi. Dan jika hal itu kita biarkan berlarut, bisa jadi jiwa nasionalisme dalam diri generasi penerus bangsa kita akan mulai pudar bahkan hilang. Karena pengaruh budaya asing yang kurang sesuai dengan kita serta kemajuan tekhnologi seperti sekarang ini yang sangat sulit untuk dihindari.

Dan salah satu cara untuk menjaga keutuhan NKRI adalah dengan cara menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada generasi muda kita sejak dini terutama para pelajar yakni usia SMP-SMA. Karena mereka yang sekarang berstatus sebagai pelajar dan remaja bahkan pemuda. Ditangan merekalah masa depan suatu bangsa, dimana seperti yang sering kita dengarkan sebuah pepatah bijak mengatakan “Pemuda Hari ini Adalah Pemimpin Masa Depan” atau “Pemuda Adalah Tulang Punggung Suatu Negara”. Dengan demikian peran pemuda bagi suatu bangsa sangat penting, sehingga jangan sampai generasi muda kita yang ada sekarang ini mudah untuk dihancurkan dan dipengaruhi oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab.

Menanamkan nilai nasionalisme tidak mesti harus dengan bersekolah khusus, namun bisa kapan saja, tidak perlu lama dalam satu waktu namun yang terpenting berkesinambungan. Salah satunya adalah dengan cara memberikan atau mengadakan seminar-seminar tentang pentingnya nilai-nilai nasionalisme. Seperti yang dilakukan oleh sekolah Fatih Bilingual School yang bekerja sama dengan POLRESTA Banda Aceh baru baru ini. Dimana dalam seminar yang bertema “Mewaspadai  Paham Radikalisme” yang diisi langsung oleh KASAT BINMAS POLRESTA  Banda Aceh yakni KOMPOL FAIZAL. Dalam acara tersebut para siswa Fatih diberikan pemahaman tentang bahayanya paham-paham tersebut. Sehingga dengan demikian setidaknya para generasi muda kita kedepannya sudah memiliki pemahaman yang tepat tantang paham Radikalisme.  (@AHM008)