Asyiknya Baca Buku Dalam Tenda

 

 

Gambar : siswa SD Fatih Billingual School (FBS) sedang melaksanakan Reading camp pada senin (13/12)

Reading Camp merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap akhir smester di sekolah Fatih Billingual School (FBS). Biasanya kegiatan ini diadakan seusai ujian sekolah baik untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Akhir (SMA). Siswa diharuskan untuk ikut reading camp ini karena merupakan agenda wajib sekolah. Banyak manfaat yang didapat melalui kegiatan ini salah satunya dapat menambah wawasan dan pengertahuan. Karena dengan banyak baca bisa banyak tahu. Selain itu juga reading camp dapat membiasakan siswa untuk membaca yang kemudian dapat menciptakan budaya membaca dilingkungan siswa.

Namun bagi siswa sebagian besar siswa membaca adalah kegiatan yang membosankan, tidak jarang buku malah menjadi hal menyebalkan bagi para siswa. Berhadapan dengan rangkaian huruf, kata dan kalimat apalagi bacaannya susah dipahami maka tidak heran banyak buku ditinggal tidur oleh para pembacanya heee….

Begitu pun dengan reading camp yang ada di sekolah Fatih Billingual School (FBS), dimana para siswa kurang antusias menggikutinya dengan beragam alasan. Hal ini cukup wajar apalagi siswa harus dihadapkan dengan buku berjam-jam, ngak kebayangkan apalagi untuk seusia anak SD. Maka dari itu perlu adanya kreatiftas yang dilakukan dalam reading camp agar tidak terkesan membosankan.

Membaca sambil berkemah? itu hal yang menarik yang dilakukan oleh para siswa SD Fatih Billingual School (FBS) pada acara reading camp kali ini. Siswa diajak untuk membuat kemah di dalam kelas seakan-akan sedang berada di hutan atau dialam terbuka. Didalam tenda-tenda inilah siswa membaca buku, dalam setiap tenda sendiri ada sekitar 4-5 siswa. Dengan konsep seperti ini siswa tidak hanya dihadapkan dengan buku saja tetapi siswa juga bisa sambil bermain, saling mengunjungi tenda-tenda.

Dengan cara ini siswa lebih bersemangat dan antusias mengikuti reading camp tanpa harus terbebani dengan hanya membaca buku saja. Membaca ditenda-tenda seakan berada dialam luar memberikan sensasi yang berbeda bagi anak-anak, seolah mereka bisa merasakan dengan berada di hutan atau ditaman. Kerennkan. Dengan cara yang kreatif seperti ini membaca jadi lebih menyenangkan dan tidak membuat mata ngantuk apalagi sampai bosan. Keseruan yang diciptakan akan membuat siswa menjadi lebih semangat dan rasa ingin membacanya meningkat. Kan bagus kalau banyak membaca bisa tambah pintar dan berwawasan luas. Orang tua mana yang tidak ingin anaknya pintar?. (IMAN)